Pengertian Topologi Star dan Cara Kerjanya

topologi star dan cara kerjanya

Pengertian topologi star

ittekcno.blogspot.com - Topologi star adalah cara menghubungkan 2 buah computer atau lebih untuk membuat sebuah jaringan computer. yang mana sesuai dengan namanya, Computer-komputer yang saling terhubung tersebut terlihat membentuk pola seperti bintang.

cara kerja topologi star ini adalah semua komunikasi antar computer-komputer yang ada pada jaringan tersebut akan diproses pada sebuah node yang merupakan inti atau titik pusat dari topologi jaringan ini. Dalam istilah teknologi jaringan titik pusat topologi ini biasa disebut stasiun utama (server), sedangkan computer lainnya disebut stasiun sekunder (client).

Topologi star banyak sekali digunakan oleh perusahan-perusahaan karena kemudahannya dalam control aliran informasi dimana semua aliran informasi / data yang dikirim terlebih dahulu akan diproses di server sebelum sampai pada tujuannya.

 

Karakteristik  Topologi Star

Kita dapat mengetahui topologi ini dengan hanya melihat bentuk dan karakteristiknya. Pada topologi star, setiap computer harus terhubung langsung dengan perangkat pusat seperti hub maupun switch serta perangkat penghubung lainnya.

Pada umumnya kabel yang digunakan untuk membatalkan topologi ini adalah kabel UTP, tetapi ada juga yang menggunakan kabel lain seperti fiber optic.

 

Cara kerja topologi star

System komunikasi data pada topologi star adalah setiap data yang akan dikirim dari satu computer menuju computer lainnya akan melalui hub/ swich terlebih dahulu sebelum sampai pada computer tujuan. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut.

cara kerja topologi star

Dari gambar di atas kita akan membuat scenario dimana PC1 akan mengirimkan data kepada PC3, setelah paket data dikirimkan menuju PC3, data tersebut terlebih dahulu akan diproses di switch sebelum akhirnya sampai ke PC3. paket data yang dikirimkan oleh PC1 berisi rangkaian informasi yang akan memberitahukan kepada switch ke computer mana data ini akan dikirimkan. Keguanaan switch disini adalah sebagai pengatur aliran data.

Kelebihan tolopogi star

  • Topologi ini dapat menggunakan banyak computer sekaligus
  • Crash pada aliran data tidak terjadi, karena data diproses melalui terminal pusat.
  • Apabila ada salah satu computer client yang rusak, tidak akan mempengaruhi aliran data pada jaringan.
  • Kecepatan pengiriman data antara semua computer client sama besar.

Kekurangan Topologi Star

  • Karna dapat menggunakan banyak computer maka biaya untuk membangun topologi ini akan besar karna kabel yang dibutuhkan banyak.
  • Semakin banyak computer client yang terhubung, kecepatan pengiriman data akan semakin berkurang.
  • Apabila terjadi kerusakan pada server pusat, maka seluruh jaringan akan terpengaruh.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang topologi star, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

terima kasih..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel