Panduan Membuat Tabel di Microsoft Excel

Ittekcno.blogspot.com – kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft excel. Aplikasi ini adalah salah satu produk dari Microsoft yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita, baik itu pekerjaan kantoran, tugas sekolah, tugas kuliah dan masih banyak lagi.
 
membuat-tabel-di-microsoft-excel

Salah satu kelebihan Microsoft excel adalah kemampuannya dalam mengolah dan memanipulasi data yang berupa angka-angka. Kita dapat dengan mudahnya menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan dan angka. Pekerjaan dan tugas yang apabila dikerjakan secara manual bisa menghabiskan waktu 30 menit, dengan aplikasi ini kita hanya butuh 5 menit untuk menyelesaikannya.

Microsort excel menampilkan data dan informasi dalam bentuk tabel. Apliasi ini memang memiliki fungsi dasar dimana membantu kita menyelesaian pekerjaan yang berhubungan dengan tabel seperi laporan keuangan, laporan penjualan, administrasi, dan lain-lain. Saat ini Microsoft excel banyak sekal digunakan di kantor-kantor.
Pada artike ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana membuat tabel di Microsoft excel dan perintah – perintah apa saja yang akan kita gunakan. Oke langsung saja kita mulai pebahasannya.

Mengenal apa itu cell

Apa itu cell ? pada saat kita membuka apikasi Microsoft excel untuk pertama kali, maka tampilanya terdiri dari kotak-kotak kecil pada seluruh lembar kerjanya, kotak kecil itu adalah cell. Kegunaan dari cell ini adalah sebagai tempat untuk kita memasukan data. Semua data yang ingin kita kerjakan nantinya akan kita masukan ke dalam cell ini, kita hanya tinggal menyesuaikan di cell mana kita akan memasukannya.


Kalau kita perhatikan, sebenarnya halaman utama excel yang terdiri dari banyak cell ini sudah membentuk tabel, hanya saja tidak ada garis pembatas dan bentuknya tidak teratur. Tapi hal itu adalah kelebihan dari aplikasi ini, kita tidak perlu repot menentukan berapa kolom dan baris yang kita butuhkan dalam tabel, cell – cell ini sudah berfungsi sebagai kolom dan baris itu sendiri, yang perlu kita lakukan hanya membuat garis permbatas tabel itu sendiri.

Mengenal perintah merge cells

Dalam membuat tabel di Microsoft excel, ada banyak sekali perintah yang memiliki fungsi-fungsi tertentu terkait pebuatan tabel ini, salah satunya adalah perintah “merge cell”. Kegunaan perintah ini adalah untuk menggabungkan cell. Jumlah cell yang bisa digabungkan tidak terbatas, bahkan kita bisa menggabungkan lebih dari 100 cell. Tujuan dari menggabungkan cell sendiri adalah agar apabila ada tulisan yang terlalu panjang dan sudah keluar dari cell maka kita bisa mengatasinya dengan menggabungkan cell yang ada di depannya, disamping itu tujuan lainnya adalah mempercantik tabel itu sendiri. 
 
Sebagai contoh coba perhatikan gambar di atas, judul tabelnya berada pada bagian paling kiri, alangkah lebih bagusnya kalau judul tabel berada di tengah kan, namun masih ada beberapa cell yang membuat judul tersebut tidak enak dilihat dan kita tidak bisa membuatya berada di tengah, oleh karena itu kita akan menggabungkan mereka semua. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1.  Blok cell 2A sampai cell 2E ( setelah di blok akan berwarna abu-bau ),
  2.  Klik kanan pada yang berwarna abu-abu tadi,
  3.  Lalu klik format cells, Kemudia akan muncul menu ( number, alignment, font, border, fill ),
  4.  Kemudian klik alignment,
  5.  Lalu klik “merge cell” sampai muncul tanda ceklis,
  6.  Setelah itu klik OK.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, setelah melakukan langkah-langkah di tadi, cell – cell yang kita block sekarang sudah bergabung dan menjadi satu. Langkah-langkah ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan cell secara vertical dan horizontal, tergantung dari kebutuhan kita.

Mengatur posisi teks dalam cell

Dalam pembuatan tabel kita juga bisa mengatur posisi teks yang ada dalam cell. Kita bisa mengaturnya agar berada di posisi kiri, kanan, atau tengah. Dengan pengaturan ini tabel yang kita buat akan terlihat lebih rapi dan menarik. Untuk melakukannya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini ;

  1. Block cell yang ingin kita atur posisi teksnya,
  2. lalu klik kanan pada cell yang sudah kita blok tadi, lalu klik format cells,
  3. kemudian pilih alignment,
  4. pada bagian atas muncul kotak yang bertulisakn horizontal,
  5. lalu klik tanda panah kebawah dan beberapa pilihan akan muncul, agar posisi teks berada di tengah silahkan klik center, agar berada di kiri silahkan klik left, dan agar berada di kanan silahkan klik right,
  6. lalu kemudian klik ok.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, setelah kita mengatur posisi teks yang ada dalam kolom-kolomnya, tebel terlihat lebih rapi.

Mengenal perintah border

Perintah ini berfungsi untuk membuat garis-garis pembatas pada tabel. Karena tampilan lembar kerja pada Microsoft exel terdiri dari cell, yang pada dasarnya terlihat ada banyak sekali garis, tetapi sebenarnya tidak ada garis sama sekali, jika tabel yang kita buat tersebut langsung kita print, maka hasilnya adalah hanya tulisan yang kita ketik pada cell tadi dan selain itu hanya lembaran putih ( sama seperti kita mempront tulisan di Microsoft word ), tidak ada garis-garis seperti tabel pada umumnya. Oleh karena wajib bagi kita untuk memnggunakan border pada tabel yang kita buat. Untuk membuat border silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini ;

  1.  blok seluruh tulisan ( tabel ) dari kiri atas sampai kanan bawah,
  2.  klik kanan pada area yag diblok tadi lalu kemudian klk format cells,
  3.  kemudian klik border,
  4.  setelah itu akan muncul berapa gambar dan pilihan, pada bagian kana nada 3 buah kotak kecil yang masing2 tertulis noneoutlineinside.
  5.  Silahkan klik tabel yang bertuliskan outline dan inside ( perhatikan gambar kotak besar yang ada di bawah 3 kotak kecil tersebut ),
  6.  Kemudian klik ok.

Seperti yang terlihat pada gambar, setelah kita membuat garis-garis pembatas, tabel yang kita buat terlihat jelas dan bagus, kalau sudah seperti ini kita tinggal memprint hasil tabel yang kita buat dan hasilnya akan sesuai dengan yang kita inginkan.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana membuat tabel sederhana di Microsoft excel, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel