Cara Membuat Tabel di HTML

Ittekcno.blogspot.comtabel merupakan salah satu bentuk penyajian informasi yang paling efektif dan banyak digunakan. Dengan menyajikan informasi dalam bentuk tabel kita dapat memilah berbagai jenis informasi untuk ditampilkan sehingga dapat dengan mudah dianalisa dan dipahami oleh para pembaca

di HTML kita juga dapat menyajikan informasi atau membuat konten dalam bentuk tabel. Pembuatan tabel di html tidak seperti ketika kita menggunakan aplikasi lain. Untuk dapat membuatnya kita harus menggunakan tag-tag khusus yang berkaitan dengan tabel itu sendiri.

Baca juga :
 
Secara umum, pembuatan tabel di html menggunakan 4 buah tag yaitu tag <table>, tag <th>, tag <td>, dan tag <tr>. Keempat tag tag ini wajib kita gunakan jika ingin membuat tabel karena masing-masing saling berkaitan dan melengkapi. Tag-tag ini juga memiliki kegunaan beserta fungsinya tertentu. Untuk lebih jelasnya perhatian contoh script permbuatan tabel berikut dan pembahasan tentang kegunaan masing-masing tagnya ;

berikut adalah penjelasan tentang tag-tag utama yang digunakan dalam membuat tabel di HTML;


Tag <table>
Seperti namanya, tag tabel ini adalah tag utama untuk membuat tabel. Semua kode-kode html yang ada di dalam tag ini akan di baca oleh browser sebagai bagian dari tabel. Pada tag ini kita bisa memasukan atribut lain seperti kode-kode untuk membuat latar tabel itu sendiri, warna huruf yag digunakan, jenis huruf yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Tag <th>
Tag ini berfungsi untuk membuat judul pada kolom tabel. Coba perhatikan gambar tabel di atas, pada baris paling atas ada tiga kolom yang bertuliskan nama, alamat, dan umur. Ketiganya adalah judul dari masing-masing kolom. Kalau kalian perhatikan tulisan tersebut ditulis tebal sedangkan tulisan pada baris-baris selanjutnya ditulis biasa. Itulah kegunaan dari tag<th>.

Tag <td>
kegunaan dari tag ini hampir sama dengan tag<th>, perbedaannya adalah kalau tag <th> ditulis dengan menggunakan huruf tebal, maka tag ini tidak ditulis dengan huruf tebal. Perlu diketahui adalah tag<th> dan tag<td> ini sama memiliki kegunaan untuk menampilkan sebuah “baris”  pada tabel.

Tag <tr>
Tag ini bisa dikatakan memiliki kegunaan untuk menyempurnakan kedua tag di atas. Seperti yang kita bahas tadi, tag <th> dan tag <td> sama-sama untuk menampilkan baris pada tabel, artinya adalah kode-kode html yang mengguakan kedua tag tadi ketika kita mengeksekusinya pada web browser maka yang tampil tidak sesuai dengan keinginan kita, melainkan yang terlihat adalah semuanya Nampak hanya dalam satu baris. Nah solusi dari masalah tersebut adalah ”tag <tr>” ini. tag ini berfungsi untuk membuat baris baru pada tabel, jadi semua kode html setelah kode <tr> ini akan ditampilkan pada baris berikutnya / dibawahnya.

Untuk lebih memahami tag-tag utama dalam membuat tabel ini, silahkah kalian baca artikel ini dengan seksama dan mempraktekannya langsung di text editor sehingga kalian bisa lebih paham dan mengerti tentang bagaimanamembuat tabel di html. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel