cara merubah struktur tabel di mysql

Menyajikan sebuah informasi dalam bentuk table memang meruupakan salah satu cara yang efisien. Dengan tabel kita dapat dengan mudah membaca dan menganaliksa sebuah informasi yang disajikan dengan seksama. Denga mudah kita dapat membagi2 dan memilah data2 yang terdapat dalam tabel. Dengan tabel juga sebuah informasi dapat diajikan dengan rapi dan teratur.
Mysql adalah salah satu aplikasi database yang yang dapat menyimpan dan menyajikan data dalam bentuk tabel. Kemampuan dalam mebuat tabel dengan mysql sangat penting untuk dikuasai oleh para programmer yang nantinya akan bergelut dalam bidang ini khususnya menejemen database.


Untuk menguasai mysql ada banyak skali hal-hal yang anda-anda harus pelajari, diantaranya adalah bagaimana merubah dan memanipulasi struktuk suatu tabel informasi, bagaimana menambahkan field dalam tabel, bagaiaman mengganti nama field tertentu, apabila ada field dalam sebuah tabel yang tidak diperlukan lagi kita juga harus tau bagaimana untuk menghapusnya, bagaiaman mengapus tabel, dan masih sangat banyak lagi.

Artikel ini akan membahas beberapa hal tentang bagaiamana agar kita dapat memanipulasi sebuah tabel informasi dalam sebuah database mysql, diantaranya adalah cara menambahkan field baru, cara mengganti nama field, cara menghapus field tertentu, dan menghapus tabel dalam sebuah database. Langsung saja kita mulai pembahasannya.


Cara menambahkan field baru pada tabel

Menambahkan field baru adalah salah satu hal wajib bagi kamu-kamu yang ingin berkecimpung di bidang pemograman dan management database, hal ini akan sangat berguna apabila dalam sebuah tabel yang nantinya akan kita buat kita tidak sengaja melupakan sebuah informasi untuk disajikan. Nah, jika hal itu terjadi kamu akan sangat dengan mudah menyelesaikan permasalahan ini. Bayangkan kamu mendapat sebuah tugas atau pekerjaan dimana kamu diharuskan untuk membuat database identitas lengkap dari seluruh masayarakat yang ada dikotamu, dan kamu lupa menampilkan informasi tentang alamat rumah mereka, pasti akan sangat kacau apabila kamu tidak dapat menangani hal tersebut, masa mau menginput secara manual dari awal lagi, tidak mungkin kan. bisa-bisa kamu kehilangan pekerjaan karena sebuah hal sepele seperti ini. nah, beerikut kita akan membahas bagaimana agar hal itu tidak akan terjadi.


Untuk menambahkan field baru kita hanya perlu menggunakan perintah ALTER TABLE. perintah ini dapat menjalankan beberapa fungsi salah satunya adalah menambahkan field. Perintah lengkapnya seperti ini “alter table nama_tabel add field_baru type(ukuran)”. kalau lita perintah itu  kayanya teman-teman mungkin agak bingung, coba kita buat sederhana. Misalakan kamu membuat tabel dengan nama tabel mahasiswa dan isinya kamu menampilkan informasi tentang mereka semua, tapi kamu lupa menampilkan info tentang dari jurusan-jurusan mana saja mereka, nah kamu ketik saja perintah seperti ini”alter table mahasiswa add jurusan varchar(20);”. Setelah mengetikan perintah itu makan akan muncul field jurusan dengan panjang karakter maksimal 20. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini;


Seperti yang terlihat pada gambar di atas, tabel mahasiswa yang sebelumnya tidak memiliki field jurusan, namun sesetelah ditambahkan hasilnya adalah muncul field baru yaitu jurusan. Field baru yang muncul belum memiliki data2 di dalamnya atau dengan kata lain mash kosong. Untuk mengisi field tersebut silahkan baca pada artikel belajar dasar-dasar mysql. Pada artikel itu sudah dijelasakan bagaimana memasukan data / values ke dalam field.


cara menghapus field pada tabel

menghapus field juga merupakan salah satu hal yang wajib yang harus ditau untuk management database. Nantinya aka ada waktu dimana sebuah informasi  sudah tidak kita butuhkan lagi. Nah, untuk menghemat kapasitas memori dan juga untuk membuat database kita lebih teratur tentu saja informasi yang sudah tidak kita butuhkan tadi harus kita hapus kan. untuk menghapus field, perintah yang bisa kita gunakan adalah seperti ini “alter tabel nama_tabel drop nam_field”. Untuk contohnya kita akan memanipulasi tabel mahasiswa seperti gambar diatas, kalau tadi kita menambahkan field jurusan, sekarang kita akan menghapus field tersebut. 

Perintahnya seperti ini “alter tabel mahasiswa drop jurusan”. Kalau kalian masih bingung perhatikan gambar berikut ini :


Seperti yang terliha pada gambar di atas, field jurusan yang sebelumnya ada setelah kita memasukan perintanya tadi field tersebutpun jadi terhapus.kira2 seperti itulah bagamana cara untuk menhapus field pada tabel, silahkan teman-teman coba sendiri.


cara mengganti nama field pada tabel

terkadang dalam melakukan penyimpanan data ataupun menyajian data dalam bentuk tabel kita harus mengganti nama dari beberapa judul kolom / field dalam tabel tersebut karena satu dan lain hal. Hal ini bisa saja karena ada informasi yang harus diperbaharui, atau mungkin ada kesalahan dalam penyajian informasi.  Nah, sekarang kita akan membahas bagaiaman agar kita dapat melakukan hal tersebut.
Untuk mengganti nama field perintah yang bisa kita gunakan adalah “alter tabel nama_tabel change nama_field nama_field_baru type(ukuran);”.  Dalam hal ini sebagai contoh kita akan memanipulasi tabel mahasiswa dimana field handphone  akan kita ubah menjadi hp. Coba perhatikan gambar berikut;


Seperti yang telihat pada gambar, pada tabel mahasiswa field handphone telah kita ubah menjadi field hp. Untuk latihan silahkan teman-teman mencoba untuk mengganti semua nama fied yang ada pada tabel mahasiswa agar kalian bisa lebih memahami dan menguasai caranya.


Cara menghapus tabel dari sebuah database

Kalau tadi kita sudah membahas bagaiaman menghapus field yang ada pada tabel, sekarang kita akan mempelajari bagaiaman menghapus sebuah tabel yang ada pada sebuah database. Hal ini tidak kalah pentingnya dengan apa yang kita sudah pelajari diatas. Untuk melakukannya perintah yang bisa kita gunakan adalah seperti ini ”drop table nama_tabel”. Untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar berikut ini;


Pada dambar di atas, ada beberapa database yang tersedia dan yang kita gunakan adalah adalah database yang bernama “info”. Di dalam database info terdapat sebuah tabel yang bernama “rangking”, setelah kita memasukan perintah untuk menhapus tabel tersebut, maka seperti yang terliah tabel tersebut langsung menghilang.
.

Agar teman-teman dapat dengan cepat memahami dan menguasai apa yang sudah kita pelajari pada artikel ini, silahkan lakukan latihan dan terus berkreasi dengan perinta-perintah yang sudah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Terima kasih.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel