Belajar HTML : Pemformatan Teks Pada HTML


Ittekcno.blogspot.com - Pada saat kita membuat sebuah halaman dengan menggunakan html, kita bisa menggunakan berbagai macam model tulisan dan huruf untuk lebih mempercantik halaman web yang akan kita buat.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang  pemformatan teks pada HTML serta macam-macam tag dalam html yang dapat kita gunakan untuk memformat teks yang akan ditampilkan pada halaman website kita

Tag-tag html untuk pemformatan teks

  • Tag<b>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks dengan cetak tebal. Penggunaan tag ini dapat kita gunakan dengan memasukan perintah “<b>masukan kalimat yang ingin ditebalkan</b>.  dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



  • Tag<strong>
Tag ini berfungsi untuk menguatkan teks, pada dasarnya hampir sama dengan tag<b> yaitu berfungsi untuk membuat teks dengan cetak tebal. Penggunaan tag ini dapat kita gunakan dengan memasukan perintah “<strong>masukan kalimat yang ingin ditebalkan, sama dengan b</strong>”. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



  • Tag<em>
tag ini berfungsi untuk membuat penekanan pada teks. Penekanan yang dimaksud dalam hal ini adalah kalimat yang miring sekaligus bercetak tebal. Penggunaan tag ini dapat dilakukan dengan memasukan perintah “<em>masukan kalimat yang kalian mau</em>. Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut :



  • Tag<i>
Tag ini berfungsi untuk membuat teks dengan cetak miring. Tag ini sebenarnya sama dengan tag<em>. Untuk penggunaan tag ini kita dapat memasukan perintah “<i>kalimatnya suka-suka kalian</i>”. dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut :



  • Tag<sub>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi berada di bawah garis. Maksud dari berada di bawah garis adalah misalnya dalam sebuah kalimat setiap kata pasti akan berada pada satu garis lurus dan mempunyai ukuran yang sama seolah kalimat itu berada pada sebuah pembatas, namun apabila kita menggunakan tag ini pada sebuah kata atau kalimat, maka kata tersebut akan berada sedikit dibawah garis pembatas tadi dan posisinya akan berbeda dengan kalimat kalimat yang lain. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar berikut :


Seperti yang terlihat, kita akan menampilkan sebuah kalimat “pada zaman dahulu kala” namun kita akan membuat kata “dahulu” berada sedikit agak kebawah. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :


  • Tag<sup>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi berada di atas garis. Tag ini hampir sama dengan tag sub. Kalau sebelumnya untuk menampilkan teks agar berada di bawah garis, maka tag sup ini untuk menampikan teks agar berada di atas garis. Kita akan menggunakan contoh yang sama dengan di atas, kita hanya mengubah kodenya saja. Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut  :



  • Tag<ins>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks sebagai sisipan, teks yang ditampilkan dengan menggunkan tag ini akan bergaris bawah. Sebagai contoh kita akan menggunakan kalimat yang sama dengan contoh di atas yaitu kalimat “pada zaman dahulu kala”. Kata yang akan kita garis bawahi adalah kata dahulu, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



  • Tag<del>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks yang dengan coretan. Tag del ini bisa berarti menghapus, namun apabila kita menggunakan kode ini terhadap sebuah kata atau kalimat, kata tersebut tidak akan hilang, namun akan terdapat coretan pada kata itu sendiri. Hasilnya akan seperti gambar berikut :



  • Tag<mark>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks yang ditandai, tanda pada teks akan seperti diwarnai dengan stabilo. Masih mengguakan contoh yang sama dengan di atas, kita akan menggunakan tag<mark> terhadap kata dahulu, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



  • Tag<code>
Tag ini berfungsi untuk menampilkan teks yang terlihat seperti kode computer. Sebenarnya teks yang ditampilkan merupakan salah satu jenis huruf yang bisa kita pilih apabila menggunakan Microsoft word, disebut kode computer karena jenis huruf ini kebanyakan digunakan pada hasil print seperti pada struk pembayaran, struk yang keluar pada saat kita menggunakan ATM, dan sebagainya. Masih dengan contoh yang sama, kita akan menggunakan tag<code> terhadap kata “dahlu”, dan hasilnya terlihat seprti gambar berikut :



Demikianlah sedikit pembahasan tentang tag-tag html apa saja yang bisa kita gunakan untuk memformat jenis teks yang bisa di tampilkan dengan menggunakan html. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel