Struktur Atom dan Partikel Penyusun Atom

Ittekcno.blogspot.com – kita pasti seing mendengar istilah atom, tapi apakah kita tahu apa itu atom, bagaimana atom bekerja, seperti apakah atom itu ? Nah pada artikel ini saya akan berbagi sedikit tentang atom. Kita akan sama-sama belajar tentang atom dan struktur atom itu sendiri.

Pengertian Atom

struktur-atom-dan-partikel-penyusun-atom

Sampai saat ini ada banyak definisi tentang atom, hal ini karena yang melakukan penelitian tentang atom bukan hanya satu orang saja, dan masing-masing penelitian mereka menyebabkan ada lebih dari satu definisi atom. Namun setelah membaca semua hasil peneitian itu kita dapat menyimpulkan bahwa atom adalah bagian terkecil penyusun suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi / diperkecil lagi.

 

Struktur Atom

struktur-atom

meskipun pengertian atom adalah penyusun terkecil suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi, namun kenyataannya atom terdiri dari beberapa bagian dan di dalam atom ada partike-partikel yang menyusunnya sehingga atom tersebut dapat terbentuk.

Secara keseluruhan struktur atom terdiri dari ;
1. inti atom,
2. kulit atom.

Inti atom adalah bagian tengan dari suatu atom. Inti atom ini bemuatan positif, dan di dalamnya terdapat partikel-partikel yang menyusun inti atom ini dimana partikel-partikel tersebut adalah proton dan neutron.

Sedangkan kulit atom adalah lapisan-lapisan yang terdapat pada bagian luar dari inti atom yang melapisinya. Kulit atom tidak hanya satu lapisan, tetapi ada beberapa lapisan yang saling bersisnergisatu sama lain. Kulit atom sendiri bermuatan negative, dimana berbanding terbalik dengan inti atom. Pada kulit atom juga terdapat partikel yang menyusunya, partikel tersebut adalah elektron. Jumlah elektron ini akan mempengaruhi jumlah kulit atom itu sendiri.

Untuk catatan kalian, kita telah mengetahui bahwa inti atom selalu bermuatan positif dan kulit atom bermuatan negatif. Namun dapat kita katakan bahwa yang membuat inti atom dan kulit atom memilliki muatan adalah kerena partikel-pertikel yang terdapat di dalamnya.

Pertikel-partikel penyusun atom

partikel-penyusun-atom

seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa atom terdiri dari inti atom dan kulit atom. Pada pembahasan ini kita akan membahasa tentang partikel-partikel apa saja sich yang ada di dalam inti  atom dan kulit atom, Bagaimana sifat dari partikel-partikel tersebut.


1. proton ( bermuatan positif ),
2. elektron ( bermuatan negatif ),
3. neutron ( tidak bermuatan ).

a. proton

proton adalah partikel penyusun atom yang bermuatan posotif. Proton ini terletak di dalam inti atom. Proton biasa di simbolkan dengan (p) dan proton memiliki massa sebesar 1,67 x 10-24 gram. Dalam penulisan atom / unsur atom yang bermuatan positif biasa dituliskan dengan simbol atom itu sendiri kemudian di berikan tanda (+) sebagai indikasi bahwa atom ini bermuataan negatif.

Sebagai contoh kita misalkan atom x bermuatan positif, maka penulisannya seperti ini x+. suatu atom unsur akan bermuatan positif apabila jumlah proton yang terdapat di dalam atom tersebut lebih besar daripada jumlah elektronnya.

b. elektron

elektron adalah partikel penyusun atom yang bermuatan negatif. Elektron berada pada kulit atom. Seperti yang kita ketahui bahwa kulit atom tidak hanya satu melainkan banyak, oleh karena itu jumlah elektron di setiap kulit atom juga tidak sama banyak, jumlah elektron juga mempengaruhi jumlah kulit atom itu sendiri. Semakin banyak elektron yang dimiliki oleh suatu atom maka semakin banyak pula jumlah kulit atom dari atom tersebut.

Elektron biasanya disimbolkan dengan (e) , dan elektron memiliki massa sebesar 9,1 x 10-28 gram. Dengan kata lain massa elektron lebih kecil daripada massa  proton yaitu sebesar 1/1836 dari massa proton itu sendiri.

Jumlah elektron akan mempengaruhi muatan dari suatu atom unsur. Atom akan bermuatan negatif apabila jumlah elektron di dalamnya lebih besar daripada jumlah protonya.

c. neutron

neutron adalah pertikel penyusun atom yang tidak bermuatan atau bisa kita sebut netral. Neutron ini terletak di dalam inti atom besama dngan proton. Neutron bisa dituliskan dengan simbol (n) dan memiliki massa sebesar 1,674 x 10-24 gram. Karena neutron ini tidak memiliki muatan maka pada dasarnya meutron tidak berpengaruh terhadap muatan dari suatu atom unsur.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang struktur atom dan juga partikel-partikel yang ada di dalam atom. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan dapat menjadi sumber referensi.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel