Teknologi Canggih Terbaru di Tahun 2020


Ittekcno.blogspot.com – kalau berbicara tentang teknologi, akan sangat panjang dan tidak ada habisnya. Setiap hari pengerjaan berbagai teknologi baru di kerjakan oleh banyak perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi. Hampir setiap bulan teknologi baru telah diluncurkan dan dapat di gunakan oleh manusia.

Pada artikel ini saya akan berbagi sedikit tentang teknologi-teknologi terbaru yang ada pada tahun 2020 ini.


1. Internet yang tak bisa diretas


pada akhir tahun ini, para peneliti Belanda akan menyelesaikan sebuah internet kuantum yang akan digunakan antara kota Delft dan kota Den Haag.

Internet berbasis kuantum ini akan segera memungkinkan komunikasi yang aman secara inheren. Sebuah tim yang dipimpin oleh Stephanie Wehner, di Delft University of Technology, membangun jaringan yang menghubungkan empat kota di Belanda sepenuhnya melalui teknologi kuantum. Pesan yang dikirim melalui jaringan ini tidak akan dapat diretas.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah belajar mengirimkan pasangan foton melalui kabel serat optik dengan cara yang benar-benar melindungi informasi yang dikodekan di dalamnya. Sebuah tim di China menggunakan bentuk teknologi ini untuk membangun jaringan backbone 2.000 kilometer antara Beijing dan Shanghai, tetapi proyek itu sebagian bergantung pada komponen klasik yang secara berkala memutus tautan kuantum sebelum membangun yang baru.

Jaringan yang akan digunakan di kota Delft ini sebaliknya akan menjadi yang pertama mengirimkan informasi antar kota menggunakan teknik kuantum dengan metode end to end.

Teknologi ini bergantung pada perilaku kuantum partikel atom yang disebut keterjeratan. Foton yang terjerat tidak dapat dibaca secara diam-diam tanpa mengganggu kontennya.

Tetapi partikel-partikel yang terjerat ini sangat sulit dibuat, dan lebih sulit lagi untuk mentransmisikannya dalam  jarak jauh. Tim Wehner telah menunjukkan bahwa mereka dapat mengirim partikel-partikel ini lebih dari 1,5 kilometer (0,93 mil), dan mereka yakin mereka dapat mengatur hubungan kuantum antara Delft dan Den Haag sekitar akhir tahun ini. Untuk memastikan koneksi yang tidak terputus pada jarak yang lebih jauh akan membutuhkan repeater kuantum yang memperluas jaringan.

Repeater semacam ini saat ini sedang dalam desain di Delft dan di tempat lain. Yang pertama harus diselesaikan dalam lima hingga enam tahun ke depan, kata Wehner, dengan jaringan kuantum global yang diikuti pada akhir dekade ini.


2. Mata Uang digital


Munculnya mata uang digital memiliki konsekuensi besar untuk privasi finansial. Juni lalu Facebook meluncurkan “mata uang digital global” yang disebut Libra. Gagasan itu memicu serangan balik dan Libra mungkin tidak akan pernah diluncurkan, setidaknya tidak dengan cara yang semula diharapkan. Tapi itu masih membuat perbedaan, hanya beberapa hari setelah pengumuman Facebook, seorang pejabat dari People's Bank of China menyiratkan bahwa ia akan mempercepat pengembangan mata uang digitalnya sebagai tanggapan. Sekarang Cina siap menjadi ekonomi besar pertama yang mengeluarkan versi digital dari uangnya, yang dimaksudkan sebagai pengganti uang tunai fisik.

Para pemimpin China tampaknya melihat Libra dimaksudkan untuk mendukung cadangan keuangan yang sebagian besar adalah dolar AS. sebagai ancaman, itu dapat memperkuat kekuatan Amerika atas sistem keuangan global, yang bermula dari peran dolar sebagai mata uang cadangan dunia. Beberapa orang mencurigai Cina bermaksud untuk mempromosikan renminbi digitalnya secara internasional.

Sekarang promosi Libra yang dilakukan oleh Facebook telah menjadi geopolitik. Pada bulan Oktober, CEO Mark Zuckerberg berjanji kepada Kongres bahwa Libra "akan memperluas kepemimpinan keuangan Amerika serta nilai-nilai demokrasi dan pengawasan di seluruh dunia."

Perang mata uang digital telah dimulai.


3. Obat anti penuaan


Obat-obatan yang coba dibuat untuk mengobati penyakit dengan menargetkan proses penuaan alami dalam tubuh telah menunjukkan harapan.


Gelombang pertama dari kelas baru obat anti-penuaan telah memulai pengujian pada manusia. Obat-obatan ini tidak akan membuat Anda hidup lebih lama tetapi bertujuan untuk mengobati penyakit tertentu dengan memperlambat atau membalikkan proses penuaan yang mendasar.

Baca juga :

 

Obat-obatan itu disebut senolitik, obat ini bekerja dengan menghilangkan sel-sel tertentu yang menumpuk seiring bertambahnya usia. Dikenal sebagai sel "tua", mereka dapat menciptakan peradangan tingkat rendah yang menekan mekanisme normal perbaikan sel dan menciptakan lingkungan beracun bagi sel-sel di dekatnya.

Pada bulan Juni, Unity Biotechnology yang berbasis di San Francisco melaporkan hasil awal pada pasien dengan osteoartritis lutut ringan hingga berat. Hasil dari uji klinis yang lebih besar diharapkan pada paruh kedua tahun 2020. Perusahaan ini juga mengembangkan obat serupa untuk mengobati penyakit mata dan paru-paru terkait usia, di antara kondisi lainnya.

Senolitik sekarang dalam tahap pengujian pada manusia, bersama dengan sejumlah pendekatan menjanjikan lainnya yang menargetkan proses biologis yang merupakan akar dari penuaan dan berbagai penyakit.

Sebuah perusahaan bernama Alkahest menyuntikkan pasien dengan komponen yang ditemukan dalam darah anak muda dan mengatakan mereka berharap untuk menghentikan penurunan kognitif dan fungsional pada pasien yang menderita penyakit Alzheimer ringan sampai sedang. Perusahaan juga memiliki obat untuk Parkinson dan demensia dalam pengujian manusia.

Dan pada bulan Desember, para peneliti di Drexel University College of Medicine bahkan mencoba untuk melihat apakah obat penekan kekebalan tubuh rapamycin dapat memperlambat penuaan pada kulit manusia.

Tes tersebut merefleksikan upaya peneliti yang berkembang untuk mengetahui apakah banyak penyakit yang berkaitan dengan bertambahnya usia seperti penyakit jantung, radang sendi, kanker, dan demensia dapat diretas untuk menunda onsetnya.


4. Molekul yang ditemukan Oleh AI


Para ilmuwan telah menggunakan AI untuk menemukan senyawa mirip obat yang menjanjikan.
molekul yang dapat diubah menjadi obat yang berpotensi menyelamatkan jiwa sangat membingungkan, para peneliti memperkirakan jumlahnya sekitar 1060. Itu lebih dari semua atom di tata surya, menawarkan kemungkinan terjadinya reaksi kimiawi yang hampir tak terbatas.

Sekarang alat pembelajaran berbasis mesin dapat menjelajahi basis data besar molekul yang ada dan sifat-sifatnya, menggunakan informasi ini untuk menghasilkan kemungkinan baru. Ini bisa membuatnya lebih cepat dan lebih murah untuk menemukan kandidat obat baru.

Pada bulan September, tim peneliti di Insilico Medicine yang berbasis di Hong Kong dan University of Toronto mengambil langkah yang meyakinkan untuk menunjukkan bahwa strategi ini bekerja dengan mensintesis beberapa kandidat obat yang ditemukan oleh algoritma AI.

Dengan menggunakan teknik seperti pembelajaran mendalam dan model generatif yang serupa dengan yang memungkinkan komputer untuk mengalahkan juara dunia di permainan kuno Go, para peneliti mengidentifikasi sekitar 30.000 molekul baru dengan sifat yang diinginkan. Mereka memilih enam untuk disintesis dan diuji. Satu sangat aktif dan terbukti menjanjikan dalam pengujian pada hewan.

Ahli kimia dalam penemuan obat sering memimpikan molekul baru, sebuah seni yang diasah oleh pengalaman bertahun-tahun, Sekarang para ilmuwan ini memiliki alat baru untuk memperluas imajinasi mereka.

semikian sedikit informasi tentang teknologi-teknologi terbaru yang ada di tahun 2020 ini. semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian.

terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel