Besaran dan Satuan Dalam Fisika | Pengertian Beserta Contohnya

besaran-dan-satuan-dalam-fisika
  
Pengertian Besaran dan Satuan

ittekcno.blogspot.com - Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka-angka serta memiliki satuan. Dari pengjelasan ini kita dapat menyipulkan bahwa suatu besaran dapat dikatakan sebagai besaran jika sesuatu tersebut memiliki 3 faktor utama yaitu; dapat diukur, dapat dinyatakan dengan angka-angka, dan memiliki satuan. Jika salah satu dari tiga faktor ini tidak terpenuhi maka tidak bisa kita sebut sebagai besaran. Contoh besaran antara lain ; panjang, waktu, suhu, dan lain-lain.

Sedangkan satuan adalah nilai yang untuk menyetakan suatu besaran.contoh satuan antara lain; meter, jam, celcius, dan lain-lain.
 
Dengan kata lain, besaran dan satua meruapakan satu kesatuan yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Besaran tidak dapat dikatakan besaran jika tidak memiliki satuan, dan satuan tidak bisa ada tanpa besaran.

A. Macam-Macam Besaran

macam-macam-besaran-dalam-fisika

Berdasarkan satuannya, besaran dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

1. Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu oleh para pakar fisika di seluruh dunia. Dalam fisika terdapat tujuh ( 7 ) besaran pokok yang sudah disepakati yaitu;

panjang (m)
massa (kg)
waktu (s)
suhu (k)
kuat arus (A)
intensitas cahaya (kandela)
jumlah zat (mol)

2. Besaran turunan merupakan besaran yang satuannya diturunkan dari besaran-besaran pokok penyusunnya. Contoh besaran turunan antara lain; luas, kecepatan, gaya, tekanan, dan lain-lain.

B. Macam-Macam Satuan

besaran-dan-satuan

Karena penggunaan satuan yang berbeda-beda di setiap negara, dan hal ini menyebabkan kebingungan utnuk penggunaannya. Oleh karena itu dibuatka sebuah sistem satuan agar dapat digunakann di seluruh dunia. Sistem ini diseut siste satuan internasional ( SI ).

Baca juga :
 
sistem ini membagi satuan menjadi 2 bagia besar yaitu;

1. satuan MKS ( meter, kilogram, sekon )

sistem satuan ini berdasarkan satuan meter, kilogram, dan sekon. Artinya adalah untuk besaran panjang akan menggunakan satuan meter, begitu pula besaran massa menggunakan kilogram, dan untuk waktu menggunakan sekon. Untuk penggunaan sistem MKS ini setiap satuan yang kita gunakan harus menggunakan meter,kg,sekon. Misalnya ada dua buah besaran turunan panjang yaitu panjang dan lebar, nah untuk  kedua besaran ini kita harus menggunakan satuan meter. Tidak boleh salah satunya menggunakan cm atau satuan lainnya.

2. satuan CGS ( centimeter, gram, sekon )

sama seperti satuan MKS di atas, sistem CGS ini berdasarkan satuan centimeter,gram, dan sekon. Dan untuk aturan penggunaannya sendiri sama dengan sistem satuan MKS, setiap penggunaannya harus berdasarkan centimeter, gram, dan sekon.

Demikian sedikit pembahasan tentang besaran dansatuan dalam fisika, semoga bisa menjadi referensi bagi para pembaca sekalian.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel