Pengertian Subject Pronoun | Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

subject-pronoun

ittekcno.blogspot.com – pada artikel kali ini kita akan membahas dan mempelajari tentang materi dalam bahasa inggris yaitu pengertian subject Pronoun

Pengertian dan Fungsi Subject Pronoun

pengertian-subject-pronoun

Subject Pronoun adalah kata ganti untuk benda yang berperan sebagai subject di dalam suatu kalimat. Dalam bahasa inggris, ada setidaknya tujuh ( 7 ) subject pronoun yang bisa kita gunakan untuk menyusun kalimat sempurna. Mereka adalah I, You, He, She, It, We, dan They.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kegunaan dari fungsi kata ini adalah sebagai kata untuk pengganti subject dalam sebuah kalimat. Hal ini agar pembicara dapat mengurangi pengulangan kata dalam kalimat.


Perhatikan contoh kalimat berikut ini :

Arman and his friends are profesional football player, arman and his friends are very famous

Arman and his friends are profesional football player, They are very famous

Seperti yang terlihat pada contoh kalimat di atas, dengan menggunakan kata “They” kita tidak perlu mengulangi penyebutan subject dalam kalimat, hal ini dapat membuat komunikasi menjadi lebih sederhana.

Jenis-Jenis Subject Pronoun Besera Contoh Kalimatnya

jenis-jenis-subject-pronoun

1. Kata Ganti Saya

Kata ganti untuk subject saya adalah “ I “. kata “ I “ menunjuk orang pertama tunggal atau sebagai orang yang berbicara.

Baca Juga :

 


Contoh :

my name is Alya, I live in Jakarta ( nama saya Alya, saya tinggal di Jakarta )

I love my Hair ( saya menyukai rambutku )

Yoga is My younger brother, I love him so much ( Yoga adalah adik laki-laki saya, saya sangat menyayangi dia )

2. Kata Ganti Kamu

Kata ganti untuk orang kedua tunggal atau jamak yaitu “ you ”. kata “ you  tidak hanya berarti “ kamu “ untuk satu orang, tetapi juga bisa digunakan “ kamu ” untuk orang banyak / jamak.

Contoh :

Dad, where are you ? ( ayah, kamu di mana ? )

Do you like this song ? ( apakah kamu menyukai lagu ini ? )

Hay everybody, how are you today ? ( hai semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini ? )

3. Kata Ganti Kita

Kata ganti untuk orang pertama jamak ( lebih dari satu orang, bisa dua atau lebih ) yaitu “ We ” yang artinya adalah “ kita “ atau “ kami “.

Contoh :

We like the same hobby ( kita memyukai hobi yang sama )

We can not wait for a long time ( kita tidak dapat menunggu lama )

After school, We will study together ( setelah pulang sekolah, kita akan belajar bersama )

4. Kata Ganti Mereka

Kata ganti untuk orang ketiga jamak adalah “ They ” yang artinya adalah “ mereka “. Jadi orang yang dibicarakan tidak ada di dalam percakapan.

Contoh :

They are going married ( mereka akan menikah )

They are my closest friends ( mereka adalah teman-teman terdekat saya )

They have a beautifull hair ( mereka memiliki rambut yang sangat indah )

5. Kata Ganti Dia

Kata ganti untuk orang ketiga tunggal ada dua yaitu “She” untuk “dia perempaun” dan “He” untuk “dia laki-laki”.

Contoh :

She is my friend ( dia adalah teman saya )

Fira is my sister, she is beautifull girl ( fira adalah saudara perempuan saya, dia gadis yang cantik )

He is good at playing basketball ( dia pandai bermain basket )

6. Kata Ganti Itu

Subject pronoun terakhir adalah “It” yang artinya “dia”. Kata “It” digunakan untuk mengganti kata dia pada hewan, benda, rasa, atau kondisi tertentu.

Contoh :

My cat’s name is blacky, it is so cute (kucingku bernama blacky, dia sangat imut )

Do you like aple ? I don’t like it ( apakah kamu suka aple ? saya tidak suka apel )

The cake is decious, I like it ( kuenya sangat enak, saya sangat itu )

Demikianlah pembahasan kita tentang materi subject pronoun, semoga artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel