Kingdom Protista : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasinya

kingdom-protista

Ittekcno.blogspot.com – pada artikel kali ini kita akan membahas tentang materi pengertian kingdom protista. Dalam ilmu biologi, protista menjadi salah satu materi yang sangat penting karena sangat terkait erat dengan kehidupan manusia.

Dimana protista ini sangat banyak disekeliling lingkungan manusia dan bisa ditemukan dengan mudah hampir di semua tempat dimana manusia tinggal.


Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh tentang protista ini. Baiklah langsung saja simak materi berikut ini.

Apa itu kingdom protista?

pengertian-kingdom-protista

Protista dianggap sebagai organisme peralihan antara monera dan organisme lain baik hewan maupun tumbuhan. Protista ada yang mirip hewan, mirip tumbuhan dan mirip jamur. Telah diketahui bahwa terdapat mikroorganisme yang mirip dengan hewan dan mirip tumbuhan misalnya euglena.

Para ahli tumbuhan memasukan euglena dalam dunia tumbuhan karena berklorofil, sedangkan para ahli hewan memasukannya ke dalam dunia hewan karena bergerak aktif dan memiliki bintik mata. Untuk mengatasi adanya perebutan di antara para ahli tersebut dumunculkanlah kindom protista.

Baca Juga :

 

Jadi, kingdom protista menampung semua mikroorganisme yang bukan hewan dan bukan pula tumbuhan yang eukariotik. Jadi protitsatatasta

Jadi protista merupakan mikroorganisme eukariotik yang bukan hewan, bukan pula jamur.

Tubuh protista ada yang tersusun atas satu sel saja misalnya protozoa dan euglenaphyta, ada pula yang tersusun atas banyak sel tetapi sel-sel penyusunya tidak berdiferesiasi misalnya oprotista yang mirip jamur. Kingdom protista kadang disebut protoctista.

Ciri-Ciri Protista


Organisme protista ada yang ciri-cirinya seperti hewan, seperti tumbuhan, dan ada yang seperti jamur. Dalam sistem klasifikasi dengan lima kingdom, kingdom protista terdiri atas beberapa filum, yaiut ;

1. filum mastigophora ( protista berbulu cambuk )

2. filum sarcadina ( protista berkaki semu )

3. filum ciliophora / ciliata ( protista bersilia )

4. filum sporazoa( protista berspora )

5. filum euglenaphyta ( euglena )

6. filum chrysophyta ( ganggang keemasan )

7. filum pyrrohyta ( ganggang api )

8. filum chlorophyta ( ganggang hijau )

9. filum phaeophyta ( ganggang coklat )

10. filum rhodophyta ( ganggang merah )

11. filum myxomycota ( jamur lendir )

12. filum oomycota ( jamur air )

Klasifikasi Kingdom Protista

Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan kedalam tiga kategori, yaitu ;

1. protitsta autotrof

protista-autotrof

Yaitu protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis ( mampu mengubah zat organik dengan bantuan energi matahari ). Protista yang bersifat autotrof adalah alga, meliputi filum euglenophyta, chrysophyta, phyrrophyta, dan phaeophyta.

2. protista heterotrof

protista-heterotrof

Yaitu protista yang menelan makanan dengan cara fagositosis atau memasukan makanan melalui mulut sel, contohnya filum mastigophora, sarcodina, ciliophora, dan sorazoa.

3. ekstrakulikuler

protista-ekstrakulikuler

Yaitu protista yang mencerna makanan di luar sel dan kemudian menyerap hasilnya yang berupa sari-sari makanan. Contohnya adalah jamur lendir dan jamur air.

Demikianlah materi dan pembahasan kita tentang materi pengertian kingdom protista, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian semua.

Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel